Lebaran, atau apalah itu namanya

Di lebaran kali ini…

Jangan lupa merangkai kalimat paling tulus dan indah untuk kamu kirimkan ke keluarga, kekasih, dan kawan-kawanmu, yang sekaligus pula untuk membungkus kebangsatanmu di depan mereka. Jangan lupa unggah swafoto-mu ketika makan ketupat bersama sang kekasih agar seluruh dunia tahu bahwa kamu tidak sendiri lagi pada edisi lebaran tahun ini. Oh iya, dan jangan lupa untuk melepas label harga di baju barumu.

Semoga di tengah kesibukanmu merayakan momen “hari kemenangan” tahun ini, kamu masih bisa menyempatkan diri untuk meminta maaf kepada orang-orang miskin yang kamu anggap pemalas, kepada kelompok minoritas yang kamu tuduh sebagai biang keladi ternodanya kesucianmu, atau kepada jalanan yang selalu kamu sumpah-serapahi dalam perjalanan membudak menuju tempat kerja setiap harinya — meski permintaan maafmu itu hanya di dalam dada.

Tujuh hari setelah momen perayaan ini menguap lenyap, di hadapan makhluk penyebar dosa dan para pemalas sialan itu, di atas jalanan kota keparat itu, kamu (dan saya) bakal kembali menjadi pecundang brengsek yang saling sikut demi masa depan yang entah. Tanpa kesucian, tanpa kesopanan, tanpa cinta. Hanya persaingan sekrup kapitalisme menjijikkan!

Selamat berlebaran, selamat merayakan momen “hari kemenangan”. Semoga saya dan kamu mampu memaafkan hal-hal yang tidak termaafkan, namun tidak pernah melupakan bahwa dunia tua bangka ini semakin tidak baik-baik saja. Forgive, but never forget, comrade!

Dengan cinta dan amarah, rokokputih dan kopihitam.

Tabik.

* * * * *

Untuk kamu, V: masih pengin berlebaran di Paris? {}

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s