Stranger

Dua orang asing.

Saya melihatmu di sana. Di antara hiruk-pikuk konsumerisme orang-orang modern yang semakin hari semakin menjijikkan. Tampilanmu yang seadanya, senyummu yang sederhana, tatapanmu yang biasabiasa saja, membikin keruwetan hari itu menjadi tidak layak untuk berdiam diri di dalam sini ketika kedua mata saya menangkap keindahan yang kamu bagi dengan sangat sederhana pada momen itu.

Saya melihatmu di sana. Di tengahtengah kumpulan manusia yang mengabdikan diri untuk terus berbelanja sampai mereka mati. Saya tidak perlu tahu namamu: melihat perempuan asing dan membiarkan diri saya tidak tahu apa-apa tentangnya telah memberikan ruang pada imajinasi saya untuk bekerja; dan hal itu sudah cukup bagi saya. Katakanlah namamu tidak terlalu bagus — mungkin nama yang terlalu biasa dan orang-orang bakal segera melupakannya. Namun ketahuilah, bagi saya, kamu memang cukup memerlukan nama yang biasa. Sebab kamu berdiri di sana bukan untuk menarik perhatian dunia, melainkan perhatian saya yang sedang dituntun kebosanan untuk menghabiskan sisa hari. Kamu telah meredam suarasuara bising di sekitar saya hingga yang tertinggal hanyalah diri saya sendiri. Sementara saya terus-terusan mencuri satu per satu keindahanmu tanpa kamu sadari. Saya simpan segala pesona itu sebaik saya menjaga setiap memori paling membahagiakan dalam kehidupan saya yang sudah kelewat banal.

Saya tersenyum tipis, merayakan perasaan seperti anak kecil yang bergembira ketika hujan mulai turun membagikan dingin dan berkah di Bumi. Hari itu saya menyambut perayaan semesta, dan saya melihatmu di sana. {}

Leave a Reply

