Kota (dan kenangan)

“Kamu bisa menjelajahinya di dalam pikiran, tersesat, beristirahat dan menikmati udara sejuknya, atau kamu bisa pergi melarikan diri darinya.”

Pada akhir hari ketiga bulan sepuluh, pergilah ke arah utara dan kamu bakal tiba di sebuah kota dengan senja keemasan yang begitu melodius serta dipenuhi kupukupu yang beterbangan tanpa takut sayapnya terbakar di setiap pagi menjelang. Kelezatan dan keindahan lekuk demi lekuk kota ini sesekali mengajak manusiamanusia tidak dikenal untuk menanggalkan pakaian dan membasuh diri bersama-sama di kolam sebuah taman.

Segala kenikmatan telah berhasil menopang esensi yang sebenarnya dari kota ini. Gambaran yang sesekali terlintas tentang kota ini bakal membangkitkan hasratmu untuk segera melumpuhkannya dengan belati yang entah muncul dari mana dan tibatiba saja ada di tangan kirimu.

Jika kamu berada di jantung kota ini pada satu pagi yang hangat, maka hasratmu bakal bangkit serentak dan mengepungmu! Kota ini menampilkan dirinya di hadapanmu sebagai suatu keseluruhan hasil persetubuhan kosmik yang menegaskan bahwa tidak ada satu pun dari hasratmu yang siasia dan dengan itu kamu menjadi bagiannya. Dan karena kota ini menyerap dan menikmati segala hal yang tidak bisa kamu miliki, maka kamu menjadi tidak berdaya untuk melakukan apa-apa kecuali hidup dalam hasrat itu dan berupaya menerimanya dengan lapang dada.

Kekuatan seperti itu terkadang dianggap jahat dan menular, namun kadang dianggap sebagai berkah yang tidak berbahaya. Secara perlahan, dan penuh nikmat, kota ini bakal membentukmu dengan hasrat yang mengambil bentuk dari hasrat yang lain. Dan kamu, dengan sadar, memercayai bahwa kamu bisa menikmati kota ini seutuhnya pada saat kamu telah sepenuhnya menjadi budaknya yang paling setia.

: Kota beraroma rindu ini bernama Vegha. {}

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s